|

NASA Temukan Planet Mirip Bumi

Para astronom NASA mengklaim telah menemukan sebuah planet mirip bumi yang mengitari satu bintang seperti matahari dalam sebuah tata surya, di luar sistem tata surya bumi.

Klaim NASA itu disampaikan para astrononom yang menggunakan teleskop Kepler untuk memastikan keberadaan planet pertama yang menurut mereka bisa dihuni karena memenuhi persyaratan utama penunjang kehidupan.
Planet itu diberi nama Kepler 22b yang pertama kali sekilas terlihat pada 2009. Kepler 22b sudah terlihat sebanyak 3 kali oleh para astronom saat melintasi bintangnya.

AFP melaporkan, konfirmasi keberadaan planet itu juga disampaikan para astronom Prancis yang mengatakan adanya sebuah planet pertama yang dapat dihuni yang dikenal sebagai Gliese 581d.

Peneliti utama Kepler di Pusat Riset Ames NASA, William Borucki mengatakan beruntung bisa mendeteksi planet tersebut.

"Transit pertama tertangkap hanya tiga hari setelah kami mengumumkan wahana antariksa itu secara operasional siap. Kami melihat transit ketiga yang menentukan pada musim liburan 2010," kata William seperti dikutip antaranews.com.

Kepler-22b berada dalam jarak 600 tahun cahaya dan lebih besar dari Bumi dengan orbit 290 hari mengitari sebuah bintang seperti matahari.

NASA juga menyampaikan bahwa teleskop Kepler juga menemukan 1.000 planet potensial lain, dua kali dari jumlah yang terlacak sebelumnya, menurut hasil riset yang diajukan pada sebuah konferensi di California pekan ini.

Teleskop Kepler merupakan misi pertama NASA dalam mencari planet-planet seperti Bumi dan diluncurkan pada Maret 2009.

Kepler dilengkapi kamera terbesar dari yang pernah dikirim ke luar angkasa dan diperkirakan terus mengirim informasi ke Bumi hingga setidaknya pada November 2012.

Pesawat itu kini mencari planet-planet hingga sekecil Bumi, termasuk yang mengorbit bintang-bintang di sebuah zona hangat yang bisa ditempati dimana air mungkin ditemukan di permukaan planet tersebut.

Sumber: antaranews.com

Posted by admin on 9:54 PM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "NASA Temukan Planet Mirip Bumi"

Leave a reply

Kategori

Komentar

Terbaru

.