|

Perayaan Tahun Baru Dilarang di Barelang

Perayaan atau pagelaran pada malam pergantian tahun 2011 ke 2012 dilarang dilaksanakan di Jembatan Barelang menyusul putusnya akses jalan dari Pulau Rempang menuju Pulau Batam, Provinsi Kepulauan Riau setelah diguyur hujan sejak Sabtu (24/12).



Portal kepri.antaranews.com mewartakan Pemerintah Kota Batam melarang kegiatan keramaian di Jembatan I Barelang karena rawan ambruk.

Wali Kota Batam Ahmad Dahlan, Selasa mengatakan akan mengerahkan aparat kepolisian dan Satpol-PP untuk mengamankan jembatan agar tidak dikunjungi masyarakat untuk merayakan malam tahun baru.

"Kami tidak ingin peristiwa seperti di Mahakam terjadi di Batam, walaupun jembatan tersebut dijamin aman oleh pihak yang membangun," kata Ahmad Dahlan seperti dikutip dari kepri.antaranews.com.

Sementara itu, Badan Pengusahaan (BP) Batam menyatakan Jembatan I Barelang yang dibangun 13 tahun lalu aman dan bisa bertahan hingga 100 tahun.

Jembatan yang merupakan simbol kota Batam itu dapat dilewati kendaraan berat 20 ton dengan jarak satu kendaraan dengan kendaraan berikutnya dan 500 kg orang per meter persegi.

Artinya, bila seluruh badan jembatan dipenuhi kendaraan dan orang, maka total beban yang ditanggung jembatan sekitar 60 persen dari kemampuan jembatan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kerusakan struktur jembatan di antaranya suhu udara, kecepatan angin, geologi dan gempa. Namun, faktor-faktor itu belum mengkhawatirkan, khususnya jembatan I (Fisabilillah) yang memiliki panjang 642 meter dan tinggi 38 meter dari permukaan laut.

Jembatan Fisabilillah bertipe "cable stayed bridge" dengan 90 kabel besar dan 60 kabel kecil bersuspensi dari pylon untuk menopang badan jembatan dari angin.

Keadaan alam di sekitar jembatan juga dinyatakan aman setelah memastikan pondasi atau bored pile sedalam 12 meter kedalaman laut masih dalam kondisi baik sehingga masih mampu mengantisipasi faktor erosi.
(sumber)

Posted by admin on 4:41 AM. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Perayaan Tahun Baru Dilarang di Barelang"

Leave a reply

Kategori

Komentar

Terbaru

.