|

Gerhana Bulan Tampak Jelas di Karimun

Karimun (Media Kepri) - Fenomena alam berupa gerhana bulan yang berlangsung sekitar 1,5 jam antara pukul 19.30 - 21.00 WIB tampak jelas di Kota Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (10/12) malam.

Di komplek pertokoan Padi Mas, Jalan Pertambangan, gerhana bulan tampak nyata dengan kondisi langit cerah tanpa diselimuti awan.

Semula bulan hanya tampak separuh akibat sinar matahari yang seharusnya menerangi satelit bumi itu tertutup oleh bumi, namun perlahan-lahan bulan tertutup penuh hingga kembali terang seperti semula sekitar pukul 21.00 WIB.

Warga Tanjung Balai Karimun beramai-ramai keluar dari rumah, toko atau tempat mereka bekerja untuk menyaksikan fenomena alam tersebut.

"Tadi bulan tertutup separuh saja, sekarang penuh. Ini merupakan pemandangan yang jarang kami lihat, beruntung cuaca sedang bagus sehingga gerhana bulan tampak utuh di langit," kata Tri Haryono, warga.

Beberapa warga di Bukit Tiung memukul kentungan menyambut datangnya gerhana bulan.

Sementara itu, gerhana bulan tidak mempengaruhi aktivitas turun naik penumpang dari KM Kelud tujuan Medan yang lego jangkar di perairan Tanjung Balai Karimun.

Air laut pasang terjadi pada saat bulan purnama atau bulan terang, sehingga ada gaya tarik-menarik antara bumi dan bulan yang mempengaruhi kondisi laut.

Selain itu, tingginya gelombang laut disebabkan oleh faktor cuaca dan masuknya musim angin barat atau angin yang kecepatannya cukup tinggi.

Posted by admin on 11:31 PM. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Gerhana Bulan Tampak Jelas di Karimun"

Leave a reply

Kategori

Komentar

Terbaru

.