|

Tersangka "Kapal Kencing" Delapan Orang

Tersangka penyelundupan bahan bakar minyak (BBM) jenis MFO (marine fuel oil) yang melibatkan kapal tanker MT Soechi Anindya dan MT Fulfill yang ditangkap sedang "kencing" oleh patroli Bea Cukai Kepulauan Riau di perairan Tanjung Kedabu, Meranti, Riau ditetapkan sebanyak delapan orang.

MT Soechi Anindya (kanan) dan MT Fulfill dikawal BC 7003 saat lego jangkar di perairan Karimun
Kepala Bidang Penyidikan dan Barang Bukti Kanwil Khusus Ditjen Bea Cukai Kepulauan Riau Budi Santoso mengatakan, delapan tersangka yang ditetapkan adalah nakhoda, komandan kapal, mualim dan kepala kamar mesin, sedangkan awak kapal ditetapkan sebagai saksi.

Budi Santoso mengatakan itu saat mendampingi Direktur Jenderal Bea Cukai Agung Kuswandono yang turut didampingi Kakanwil Khusus Ditjen BC Kepri HB Wicaksono dan Kepala Seksi Operasi Andhi Pramono yang saat berada di atas kapal tanker Soechi Anindya yang lego jangkar di perairan Tanjung Balai Karimun, Jumat (16/12).

"Empat tersangka merupakan penanggung jawab kapal MT Soechi Anindya, empat yang lainnya dari MT Fulfill," katanya.

Jumlah awak kapal MT Soechi Anindya sebanyak 22 orang, termasuk para penanggung jawab kapal, sedangkan MT Fulfil sebanyak 11 orang.

MT Soechi Anindya mengangkut sebanyak 5.200 ton MFO dari Pulau Sambu, Batam untuk kebutuhan mesin Pembangkit Listrik Tenaga Uap di Belawan, Medan. Kapal tanker ini kepergok patroli BC 20002 sedang transfer muatan ke lambung MT Fulfill, sebuah tanker berbendera Mongolia.

Saat ditangkap, Soechi Anindya telah mentransfer muatan sebanyak 180 ton ke lambung MT Fulfill. MT Fulfill sedang dalam posisi bergerak menjauh dengan haluan menuju perairan Malaysia.

Kedelapan tersangka dijerat dengan Pasal 102A Undang-undang tentang Kepabeanan dengan melakukan kegiatan pindah muatan di luar tempat yang diizinkan dan melakukan penyelundupan ekspor.

Posted by admin on 3:51 PM. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Tersangka "Kapal Kencing" Delapan Orang"

Leave a reply

Kategori

Komentar

Terbaru

.