|

Ribuan Prajurit TNI Serang Dumai

Ribuan prajurit TNI-AL, AD dan AU pada Sabtu (10/12) direncanakan akan menyerang Kota Dumai. Serangan yang dimaksud bukan untuk menghancur-leburkan kota Dumai yang dikenal sebagai kota minyak, tetapi untuk menggelar latihan perang besar-besaran yang dijadwalkan dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Prajurit TNI-AL siap tempur di atas KRI Makassar jelang latihan perang di Dumai

Enam kapal perang yang akan turut serta dalam latihan perang tersebut kemarin (9/12) menyinggahi perairan Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

Keenam kapal perang yang lego jangkar masing-masing Kapal Republik Indonesia (KRI) Makassar 590, KRI Banda Aceh 593, KRI Banjarmasin 592, KRI Barakuda, KRI Sutanto 877 dan KRI Silaspapare 386.

Komandan Gugus Tempur Armada Bagian Timur Laksamana Pertama Sulaeman BN di atas KRI Makassar 590 mengatakan kehadiran enam KRI beserta ribuan prajurit dan marinir TNI-AL di perairan Karimun untuk memeriksa kesiapan prajurit, logistik dan peralatan untuk digunakan dalam latihan perang tersebut.

"Kami singgah di Karimun untuk mengecek kesiapan pasukan dan peralatan yang akan digunakan dalam latihan perang di Dumai," katanya.

Latihan perang tersebut akan bertujuan untuk menguji kesiapan dan kemampuan prajurit dalam bertempur mempertahankan kedaulatan NKRI.

"Tujuan utama dari latihan ini untuk mengasah kemampuan prajurit. Negara tetangga juga tahu kalau kita memiliki armada dan peralatan tempur," jawabnya saat ditanya apakah latihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengamanan daerah perbatasan.

KRI Makassar 590 dikomandani Letkol Laut (P) Fadelan dengan panjang 122 meter dan bobot 7.800 ton. Kapal ini mampu mengangkut 700 prajurit, 11 tank, lima amphibi dan 6 tank untuk angkutan personel.
  
Komandan KRI Makassar 590 Letkol Laut (P) Fadelan mengatakan kapal perang tersebut dilengkapi fungsi sebagai alat angkut atau "landing platform dock" yang diproduksi oleh perusahaan Korea Selatan, Daesun Shipbuildings & Engineering pada 2005.

Posted by admin on 1:02 PM. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Ribuan Prajurit TNI Serang Dumai"

Leave a reply

Kategori

Komentar

Terbaru

.