|

Soechi Anindya Diduga Sering Selundupkan BBM

Karimun, (Media Kepri) - Kapal tanker MT Soechi Anindya, berbendera Indonesia diduga sering menyelundupkan bahan bakar minyak dengan modus "kencing minyak" di tengah laut.

"Informasi yang kami dapatkan, kapal Soechi Anindya ini diduga sudah berulang kali menyelundupkan BBM," kata Direktur Jenderal Bea Cukai Agung Kuswandono saat meninjau kapal tersebut saat lego jangkar di perairan Tanjung Balai Karimun, Jumat (16/12).
Dirjen BC (3 kiri) Agung Kuswandono didampingi Kakanwil Ditjen BC Kepri HB Wicaksono (2 kiri) dan Kasi Penegahan dan Penindakan BC Kepri Andhi Pramono meninjau tanker Soechi Anindya
Agung Kuswandono mengatakan sedang mendalami dampak penyelundupan BBM jenis marine fuel oil (MFO) yang diselundupkan MT Soechi Anindya ke lambung kapal tanker MT Fulfill, berbendera Mongolia pada Jumat (9/12).

"Kita akan dalami apakah berdampak pada BBM bersubsidi. MFO yang diselundupkan itu memang BBM nonsubdisi untuk kebutuhan mesin Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Belawan, Medan. Timbul pertanyaan dari mana industri mendapatkan BBM sementara kuota untuk industri ada yang diselundupkan," tuturnya.

Dia mengatakan akan berkoordinasi dengan Pertamina, BP Migas dan instansi terkait lain untuk mengungkap pola-pola penyelundupan BBM.

"Ini merupakan tahap awal, ke depan akan kita upayakan membongkar pola-pola penyelundupan BBM," ucapnya.

MT Soechi Anindya mengangkut sebanyak 5.200 ton MFO dari Pulau Sambu, Batam untuk kebutuhan mesin Pembangkit Listrik Tenaga Uap di Belawan ditangkap oleh kapal patroli BC 20002 sedang transfer muatan ke lambung MT Fulfill di perairan Tanjung Kedabu, Jumat (9/12) pukul 23.00 WIB.

Saat ditangkap, Soechi Anindya telah mentransfer muatan sebanyak 180 ton ke lambung MT Fulfill. MT Fulfill sedang dalam posisi bergerak menjauh dengan haluan menuju perairan Malaysia.

Kanwil Ditjen Bea Cukai Khusus Kepulauan Riau menetapkan delapan orang sebagai tersangka dalam kasus penyelundupan tersebut.

Kedelapan tersangka dijerat dengan Pasal 102A Undang-undang tentang Kepabeanan dengan melakukan kegiatan pindah muatan di luar tempat yang diizinkan dan melakukan penyelundupan ekspor.

Posted by admin on 11:00 PM. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Soechi Anindya Diduga Sering Selundupkan BBM"

Leave a reply

Kategori

Komentar

Terbaru

.