|

Menarikkah Internet Indonesia bagi Google?


Sebagai negara berpenduduk lebih dari 250 juta jiwa, Indonesia memiliki potensi besar dalam pengembangan ekonomi melalui bisnis internet. Potensi itu turut dilirik oleh Google --perusahaan internet raksasa yang berbasis di Mountain View, California, USA-- yang mengaku tertarik dengan tingginya kontribusi internet terhadap ekonomi Indonesia.

Google melalui Mike Orgill Country Lead, Public Policy & Government Affairs South East Asia mengatakan bahwa internet dan infrastrukturnya terus berkembang di Indonesia.

Menurut Mike Orgill, pengembangan infrastruktur dan konten lokal, semisal blogger dan situs web untuk bisnis harus terus ditingkatkan. "Kalau ada kesempatannya Google akan bantu," kata dia seperti dilansir portal antaranews.com,  beberapa waktu lalu.

Riset yang dilakukan Deloitte Access Economics dalam laporan berjudul "Nusantara terhubung: Peran Internet dalam Pembangunan Indonesia" yang dimandatkan oleh Google menyebutkan fakta bahwa internet berkontribusi sekitar 1,6 persen atau sekitar Rp116 triliun --setara 13 miliar dolar-- terhadap pendapatan domestik bruto tahunan Indonesia.

Persentase itu memposisikan kontribusi internet sama pentingnya dengan gal alam cair atau liquid natural gas.

Perkembangan Internet di Indonesia diprediksi tumbuh tiga kali lipat lebih cepat dari pertumbuhan ekonomi, Deloitte Access Economics memprediksi pertumbuhan internet sekurangnya mencapai 2.5 persen dari PDRB sampai 2016. Nilai ekonomi internet Indonesia diperkirakan akan meningkat hingga Rp.324 triliun pada 2016. (sumber)

Posted by admin on 5:23 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Menarikkah Internet Indonesia bagi Google?"

Leave a reply

Kategori

Komentar

Terbaru

.