|

Saipem Karimun Yard Resmi Beroperasi

Karimun, (Media Kepri) - Perusahaan fabrikasi dan anjungan minyak lepas pantai atau "offshore" asal Italia, PT Saipem Karimun Yard resmi beroperasi setelah tiga tahun menyiapkan sarana infrastruktur perusahaan yang berlokasi di Desa Pangke, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.
Wakil Menteri ESDM Widjajono Partowidagdo dalam peresmian PT Saipem

Peresmian PT Saipem Karimun Yard ditandai pengguntingan pita oleh Gubernur Kepulauan Riau Muhammad Sani, Sabtu (3/12), didampingi Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral Widjajono Partowidagdo, CEO Saipem Indonesia Pietro Franco Talli, President & Managing Director Saipem Group Michelle Laine, Bupati Karimun Nurdin Basirun, Kepala BP Migas R Priyono dan mantan Gubernur Kepri Ismeth Abdullah.

Selain pengguntingan pita, peresmian perusahaan offshore raksasa itu juga ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur, Bupati Karimun dan Wakil Menteri ESDM.

Wakil Menteri ESDM Widjajono Partowidagdo mengatakan keberadaan PT Saipem Karimun Yard sangat bagus untuk pembangunan perekonomian daerah, khususnya bidang industri anjungan minyak lepas pantai.

"Investasi di Karimun bisa jadi model bagi daerah lain. Artinya, daerah mampu membangun daerahnya sendiri," katanya usai peresmian.

Menurut Widjajono, pembangunan investasi di Provinsi Kepri dan Kabupaten Karimun cukup maju. Dia berharap dapat dikembangkan ke daerah lain di Indonesia yang masih tertinggal, terutama di wilayah Indonesia bagian timur.

"Saya berharap ini bisa jadi model bagi pengembangan investasi di Papua. Pemerintah pusat akan membantu menjadi penghubung dalam mencari investor," katanya.

Gubernur Kepulauan Riau Muhammad Sani mengatakan keberadaan PT Saipem akan memberikan dampak positif bagi tumbuhnya industri turunan di Karimun.

"Kita berharapa tenaga kerja lokal bisa terserap di Saipem. Untuk itu, sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk sama-sama menjaga iklim investasi agar tetap kondusif," katanya.

PT Saipem Karimun Yard merupakan investor pertama di kawasan perdagangan bebas (free trade zone) Karimun dengan nilai investasi terbesar mencapai 450 juta dolar Amerika, untuk tahap awal perusahaan itu telah menanamkan modalnya sebesar 50 juta dolar Amerika untuk pembangunan sarana infrastruktur perusahaan.

Perusahaan ini diperkirakan akan menyerap lima ribu tenaga kerja pada tahun 2012.(rdi)

Posted by admin on 1:38 AM. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Saipem Karimun Yard Resmi Beroperasi"

Leave a reply

Kategori

Komentar

Terbaru

.