|

Interkoneksi Listrik Dorong Investasi Bintan

Karimun (Media Kepri) - Kekurangan pasokan listrik di Pulau Bintan masih menghambat pertumbuhan investasi, terutama di kawasan perdagangan bebas. Untuk itu, Pulau Bintan sangat membutuhkan interkoneksi listrik dari Batam yang mengalami kelebihan daya listrk.

Wakil Ketua Komisi XI DPR Harry Azhar Azis sebagaimana diberitakan portal kepri.antaranews.com menyatakan dukungannya agar listrik di Pulau Bintan dikoneksikan dengan listrik dari Batam sebagai salah satu upaya untuk mendorong pertumbuhan industri.

"Interkoneksi tidak hanya mendorong pertumbuhan industri, tetapi juga mengatasi masalah kekurangan pasokan listrik di Bintan," demikian Harry Azhar Azis, anggota DPR dari Partai Golkar asal Kepulauan Riau, Jumat (30/12).

Harry mengatakan ketersediaan energi listrik yang cukup dapat  menjadi jaminan kepada investor agar tetap melanjutkan keinginannya untuk menanamkan modalnya di Pulau Bintan.

Data dihimpun, PT Perusahaan Listrik Nasional (PLN) Batam, anak perusahaan PT PLN Persero memiliki daya sebesar 320 Megawatt (MW), sedangkan kebutuhan daya untuk pelanggan sebesar 264 MW sehingga masih terdapat kelebihan daya sekitar 56 MW saat beban puncak.

"Kelebihan daya yang dimiliki PLN Batam dapat digunakan untuk kebutuhan di Bintan," kata Direktur Operasi Indonesia Bagian Barat PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), Hari Jaya Pahlawan.
Selain itu, kata Hari, pada akhir 2012 daya listrik di Batam akan bertambah 2x55 MW dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Kasam, Telagga Punggur Batam yang saat ini tengah dikerjakan.

Listrik di Batam, tidak hanya untuk kebutuhan industri, tetapi juga disalurkan untuk pulau-pulau penyangga di sekitarnya dan diharapkan pada akhir 2012 memiliki daya sebesar 430 MW, sedangkan pada 2013 dua mesin pembangkit baru di Tanjunguncang diharapkan sudah beroperasi.

Posted by admin on 8:33 AM. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Interkoneksi Listrik Dorong Investasi Bintan"

Leave a reply

Kategori

Komentar

Terbaru

.